6 Cara Mudah Mengatasi HP realme speaker error, suara hilang, Speaker tidak berfungsi

Hai sobat Andro kali ini saya akan bagikan tips ampuh untuk mengatasi masalah HP realme yang mengalami speaker error, speaker bisu, suara speaker hilang, suara speaker kecil atau speaker  tidak berfungsi dijamin berhasil 100%.

Pernahkah sobat mengalami masalah pada HP realme seperti speaker suara hilang atau error? Biasanya suara Speaker Hp error atau hilang dan suara kecil disebabkan oleh beberapa faktor seperti melakukan koneksi power aktif, koneksi headset dan lain-lain yang mengakibatkan jalur pada hardware menjadi short dan error.

Cara Mudah Mengatasi HP realme speaker error, suara hilang, Speaker tidak berfungsi

Untuk cara mengatasi speaker error atau suara speaker tidak berfungsi ada beberapa tahap untuk cara mengatasinya untuk lebih jelasnya Mari kita simak tutorial di bawah ini.

1. Restart Ulang Ponsel

Cara pertama ialah dengan cara merestart ulang ponsel dengan mematikan dan menyalakannya kembali.

2. Wipe cache mode recovery

Jika belum berhasil cobalah hapus file cache lewat mode recovery, tutor nya disini.

3. Reconnect jack headset

Cara ketiga coba masukkan kembali perangkat headset kemudian putar pelan2 dan cabut perlahan. 

Cara ini digunakan apabila sebelumnya sobat menggunakan perangkat headset, namun setelah headset tercabut logo/mode headset tidak hilang, yang berakibat suara speaker tidak aktif.

4. Bersihkan Jack headset

Cara selanjutnya bersihkan jack headset dengan cotton bud yang diolesi minyak kayu putih, lakukan dengan ponsel keadaan off, dan pastikan minyak sudah kering ketika ponsel akan dinyalakan. 

Cara ini juga sama halnya dengan tutorial nomor 3, untuk tutorial selengkapnya bisa sobat simak disini.

5. Wipe Data Factory reset

Jika cara2 diatas belum juga berhasil tips terakhir ialah mereset ulang pabrik yaitu mereset ulang data dan mengatur ulang pengaturan telepon seperti pengaturan saat pertama kali membeli hp baru, untuk caranya adalah wipe data factory reset via recovery mode untuk cara2nya sobat bisa simak tutorial lengkapnya disini.

6. Cek hardware

Selanjutnya adalah mengecek perangkat hardware seperti memeriksa jalur, mengganti speaker, mengganti resistor atau kapasitor yang berhubungan dengan jalur audio atau speaker periksa dan ganti IC audio sampai cek dan ganti ic power .

Nah itulah tadi tutorial yang dapat saya sampaikan sedikit dan kurangnya mohon maaf untuk selanjutnya tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar.

Untuk sobat yang mau request tutorial bisa sobat hubungi Via kontak atau email terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment