17 Cara Mengatasi Hp Samsung Sinyal Hilang dan Lemah Dijamin Berhasil 1000%

Hai sobat andro kali ini saya akan bagikan tips dan tutorial cara mengatasi masalah hp samsung sinyal hilang dan lemah beserta penyebab dan solusinya, terbukti pada tipe samsung A20, J2 prime, J2 Pro dan seri lainnya dijamin berhasil 100%.

Pernahkah hp samsung sobat mengalami permasalahan sinyal lemah atau hilang tidak ada layanan jaringan, jaringan selalu berubah-ubah sedangkan sobat sudah melakukan berbagai cara namun hasilnya masih nihil.

Lemah atau hilangnya sinyal pada suatu ponsel merupakan masalah yang fatal, karena tanpa adanya sinyal hp kita akan terasa tidak berguna dan tiada fungsi, sebab hampir semua kebutuhan saat ini semuanya serba menggunakan jaringan online.

Biasanya sinyal lemah dan hilang tidak ada layanan jaringan pada hp samsungĀ  tidak muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu hank, cuaca, lokasi, IMEI hilang, software dan hardware.

Untuk cara mengatasi sinyal hp samsung yang hilang dan lemah tidak ada jaringan, ada beberapa tips dan trik untuk mengatasinya dan ini sudah terbukti dari beberapa tipe ponsel samsung galaxy versi samsung s8+, A20, samsung A50s, A03, A02, j2 prime,j2 pro, j5, j3, j4, j6, j7 pro dll.

Cara Ampuh Mengatasi hp Samsung Sinyal Hilang dan Lemah

Yuk Simak beberapa cara dibawah ini yang dapat kamu lakukan jika sinyal hp samsung kamu hilang atau lemah.

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sejenak pada menu cepat layar atas, dengan cara menggeser ke bawah pada bagian atas layar hp samsung sobat.

2. Melakukan Restart hp sejenak

Cara kedua adalah dengan restart ulang ponsel, cara kedua ini adalah cara yang paling mudah dilakukan dan untuk gejala ringan pula, biasanya sinyal akan langsung muncul setelah di restart yang mungkin penyebabnya adalah hank.

3. Melakukan Setel jaringan Manual

Cara selanjutnya adalah dengan cara mencari jaringan secara manual pada opsi pengaturan, dan mengubahnya dari jaringan auto ke only.

4. Menyetel Mode jaringan via pengaturan

Selanjutnya ganti mode jaringan yang semula secara otomatis ubahlah menjadi only, cara ini untuk menstabilkan jaringan.

5. Menyetel Mode jaringan via kode unik

Untuk ponsel yang tidak ada opsi 4G only ataupun 3G only pada opsi pengaturan jaringan, gunakanlah kode *#*#0000#*#* pada dial telephone.

6. Menggunakan Aplikasi penguat sinyal

Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi penguat sinyal dan sobat bisa download via playstore, namun cara ini hampir sama fungsinya dengan cara nomor 4 dan 5.

7. Pindah Area Sinyal Terkuat

Tips selanjutnya pergi ke area yang full sinyal karena mungkin didaerah anda sedang mengalami cuaca buruk atau tower terdekat error.

8. Melepas dan pasang sim card

Lepas dan pasang sim card, cara inipun fungsinya sama dengan merestart hp.

9. Mencoba Ganti SIM card

Trik selanjutnya adalah dengan mengganti sim card, karena kemungkinan sim yang sobat gunakan sudah expired atau tidak mendukung pada wilayah kawasan tersebut.

10. Reset ulang hp samsung

Cara selanjutnya adalah dengan mereset data, bisa lewat pengaturan atau mode factory reset, untuk tutorial reset factory selengkapnya bisa cek disini.

11. Melakukan Wipe Data Factory reset

Wipe data factory reset adalah melakukan pengaturan ulang ponsel yang bisa dibilang ekstrim, karena metode ini membuat semua file data telepon hilang, akan tetapi hp benar2 bersih dari segala macam masalah, tutorial selengkapnya bisa simak disini.

12. Update versi

Update versi ponsel juga bisa membantu masalah pada hilang ya sinyal yang tidak ada layanan jaringan, caranya ada di pengaturan cek version.

13. Software

Cara selanjutnya adalah dengan mensoftware ulang via pc untuk merefresh semua data, cache dan sampah virus yang menumpuk dan membandel pada hp samsung.

14. Ganti Hardware

Cara terakhir adalah dengan membongkar, memeriksa, meneliti apa yang sebenarnya menjadi penyebab masalah sinyal hilang pada hp samsung agan dengan bantuan alat seadanya atau multitester.

Biasanya penyebabnya bisa sepele seperti kabel antena putus short sampe malah sulit seperti harus ganti ic. Dan cara ini saya sarankan untuk dibawa kepada ahlinya.

15. Mengganti IC Sinyal

Masih di perangkat hardware biasanya penyebab masalah sinyal hilang adalah ic sinyal, wtr dan semua yang berhubungan sinyal, akan tetapi untuk teknik ini memerlukan keahlian dan alat khusus untuk mengerjakannya, atau bisa bawa ke konter servis hp yang dapat dipercaya dan terdekat.

Oke gimana tips diatas semoga bisa membantu permasalahan ponsel samsung sobat yang sedang sinyal lemah atau hilang tersebut, cukup sekian semoga bermanfaat.

Leave a Comment